Rabu, 04 Maret 2015

Server SMTP ,POP3 , IMAP (wahyutri)



Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet.

Protokol ini digunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara, sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.

SMTP bisa kita katakan sebagai Sebuah Kantor pos, yang pada dasarnya jika kita mengirim sebuah surat pastinya Surat itu akan dibawa Ke Gudang kantor pos untuk di lakukan penyortiran, Gudang inilah yang dimaksud dengan SMTP, Setelah dilakukan penyortiran maka surat siap untuk diantarkan ketujuan, tapi tidak proses tidak berhenti disini, Jadi surat ini akan dibawa oleh si kurir lalu si Kurir Meletakkanya di Kotak Pos yang biasa kita katakan sebagai PO BOX (PO BOX inilah yang dimaksud dengan POP3) itulah penjelasan singkat tentang SMTP.

SMTP adalah protokol yang cukup sederhana, berbasis teks dimana protokol ini menyebutkan satu atau lebih penerima email untuk kemudian diverifikasi. Jika penerima email valid, maka email akan segera dikirim. SMTP menggunakan port 25 dan dapat dihubungi melalui program telnet. Agar dapat menggunakan SMTP server lewat nama domain, maka record DNS (Domain Name Server) pada bagian MX (Mail Exchange) digunakan.

Setelah Membahas tentang SMTP, kali ini admin mau membagikan Daftar SMTP Provider yang ada di indonesia :
1. Telkomnet/Speedy: stmp.telkom.net
2. Fastnet/First Media/Kabelvision: mail.fast.net.id
3. Indosat: smtp.indosat.net.id
4. Biznet: smtp.biz.net.id
5. Net-zap: smtp.net-zap.com
6. Indonet: smtp.indo.net.id
7. Uninet: smtp.uninet.net.id
8. Linknet: mail1.link.net.id
9. CBN: smtp.cbn.net.id
10. Mynet: smtp.mynet.co.id
11. Jetcoms: smtp.jetcoms.net
12. NusaNet: smtp.nusa.net.id
13. Wasantara: jakarta.wasantara.net.id
14. Radnet: smtp.rad.net.id
15. MelsaNet: smtp.melsa.net.id






Pengertian Post Office Protocol 3 (POP3)



POP3 adalah singkatan dari Post Office Protocol 3, adalah versi ketiga dari metode menerima email. Sama seperti versi fisik dari petugas kantor pos, POP3 menerima dan memegang email bagi seorang individu sampai mereka mengambilnya. sama dengan kantor pos tidak akan ada salinan surat yang sudah diterima, dalam versi sebelumnya dari POP3 ketika email download dari server ke dalam program email, tidak ada lagi salinan email pada server, POP otomatis menghapusnya.
POP3 digunakan beberapa administrator mengkonfigurasi protokol email pada server untuk jangka waktu tertentu, yang akan memungkinkan seseorang untuk men-download sebanyak yang mereka inginkan dalam jangka waktu yang diberikan. Namun, metode ini tidak praktis untuk sebagian besar penerima email.
Mail Server dapat menggunakan program pengambilan protokol alternatif, seperti IMAP , POP3 sangat umum di antara sebagian besar mail server karena kesederhanaan dan tingkat keberhasilan yang tinggi. Meskipun versi baru dari POP menawarkan fitur lebih pada tingkat dasar, POP3 lebih disukai karena melakukan pekerjaan dengan minimal kesalahan.
Karena POP3 adalah metode dasar untuk menyimpan dan mengambil email, dapat bekerja dengan hampir semua program email, asalkan program email dikonfigurasi untuk menjadi tuan rumah protokol. Banyak program email populer, termasuk Eudora dan Microsoft Outlook, secara otomatis dirancang untuk bekerja dengan POP3. Setiap server mail POP3 memiliki alamat yang berbeda, yang biasanya diberikan kepada individu oleh perusahaan hosting web mereka.
Alamat ini harus dimasukkan ke dalam program email dalam rangka untuk program untuk menghubungkan secara efektif dengan protokol. Umumnya, sebagian besar aplikasi email menggunakan 110 port untuk menghubungkan ke POP3. Orang-orang yang mengkonfigurasi program email mereka untuk menerima email POP3 juga akan perlu untuk memasukkan username dan password mereka agar berhasil menerima email.







Pengertian Internet Message Access Protocol (IMAP)

 

IMAP adalah kependekan dari Internet Message Access Protocol, Jika Anda pernah membuat account email sebelumnya, Anda mungkin pernah ditanya protokol email yang ingin Anda gunakan: POP atau IMAP. Untuk yang belum tahu, pertanyaan ini bisa positif membingungkan. Namun, pilihan yang Anda buat akan memiliki dampak yang besar pada saat mengirim, menerima atau sebaliknya ketika menggunakan pesan email.POP, atau Post Office Protocol, digunakan untuk menjadi jenis yang paling populer dari protokol email, IMAP – atau Internet Message Access Protocol – adalah masuk ke pilihan kebanyakan orang hari ini. Pelajari lebih lanjut tentang apa IMAP, cara kerjanya, bagaimana membandingkan POP dan keuntungan utamanya di bawah ini.

Keuntungan utama dari IMAP
Ada beberapa keuntungan menggunakan IMAP. Pertama, memungkinkan Anda untuk mengakses pesan email Anda dari mana saja, melalui banyak perangkat yang berbeda yang Anda inginkan. Kedua, hanya mendownload pesan ketika Anda klik di atasnya. Akibatnya, Anda tidak harus menunggu untuk semua pesan baru Anda untuk men-download dari server sebelum Anda bisa membacanya. Ketiga, lampiran tidak otomatis di-download dengan IMAP. Akibatnya, Anda dapat memeriksa pesan Anda jauh lebih cepat dan memiliki kontrol yang lebih besar lampiran yang dibuka. Akhirnya, IMAP dapat digunakan secara offline seperti POP – pada dasarnya Anda dapat menikmati manfaat dari kedua protokol dalam satu.

0 komentar:

Posting Komentar